Hari-hari pertama tiba di negeri orang, di kota orang dengan kultur dan bahasa yang sama sekali berbeda dengan yang kita biasa jalani di Indonesia bukan hal yang mudah. Hari-hari awal ini bisa menjadi saat-saat paling seru sekaligus paling menantang untuk dilalui, dan kita harus bisa beradaptasi.

Nah apa saja sih yang perlu diperhatikan dihari-hari pertama ini? Mungkin ini bisa jadi acuan untuk membantu proses Settling Down di Bristol dan UK:

  • Hal dasar: hafalkan lingkungan sekitar, jalan di sekitar tempat tinggal, dimana halte, dimana convenience store, dimana Supermarket buat belanja keperluan sehari-hari atau bulanan. Ingat alamat Akomodasi dan Kampus juga.

*PPI Bristol Pro Tip: Hafalkan kode pos (Post Code) di alamat. Post Code disini sangat bermanfaat dan langsung menunjuk ke lokasi yang dituju.

  • Belanja. Jangan selalu melakukan konversi ketika akan melakukan pembelian barang-barang kebutuhan sehari-hari. Sakit hati bisa-bisa, karena kalau semua kita konversi, semua barang akan terasa mahal. Hitung mahal dan murah dengan cara value for money di setiap barang yang kamu beli. Jangan dengan cara konversi mata uang.

*PPI Bristol Pro Tip: Tip basic sih, tapi jauh lebih baik kamu atur budget-mu dalam rentang mingguan dan bulanan, dan dalam satuan GBP, jangan IDR. 🙂

  • Buat bank account lokal, ini sangat penting, soalnya akan menjadi tumpuan utama bertransaksi disini, belanja beli buku di amazon, di ebay, transaksi online lainnya, cashless transaction di supermarket, dsb. Pilihannya ada banyak, ada Barclays, Lloyds, HSBC, RBS, NatWest dan bank lainnya. Saran kita sih cari bank besar yang paling dekat dengan tempat tinggal atau dekat dengan kampus. Jangan lupa aktivasi internet banking dan mobile banking, catat dan simpan Swift code dan IBAN number untuk transaksi internasional.

*PPI Bristol Pro Tip: Mengirim uang ke luar negeri (Indonesia, misalnya) melalui transfer bank itu mahal dan kena charge besar, cari layanan transfer uang internasional lain.

*PPI Bristol Pro Tip: Beberapa bank Indonesia bisa digunakan ATM-nya untuk mengambil cash disini, untuk biaya potongannya hubungi bank kamu di Indonesia. Gunakan ini untuk keuntunganmu.

  • Beli kartu mobile setempat. Keperluan komunikasi memang berbeda untuk masing-masing orang, namun memiliki nomor kartu lokal akan sangat memudahkan kita untuk saling berkomunikasi dengan teman atau untuk keperluan penting lainnya. Minimal kita bisa telepon dan sms. Untuk keperluan komunikasi smart phone jaman sekarang, keperluan paket data internet seakan sudah menjadi kebutuhan utama untuk komunikasi. Ketahui kebutuhan paket data internetmu, apakah butuh paket data unlimited (All-You-Can-Eat) Data atau tidak, apakah butuh akses 4G ataukah cukup hanya dengan akses 3G. Sebagai awal, beberapa operator yang banyak dipakai adalah GiffGaff, Three, Vodafone, EE. Bisa cek website masing-masing atau tanya ke teman-teman PPI mana yang lebih cocok.

Pilih mana yang lebih kamu butuhkan, sistem Pay As You Go atau Kontrak. Pay As You Go ini mungkin yang kamu paling familiar, isi pulsa, pulsa akan dipotong seiring kita pakai untuk internet, telpon atau sms. Pay As You Go ini juga ada yang sistemnya beli pulsa lalu beli pake data, persis seperti yang biasa kamu lakukan di Indonesia. Kalau kontrak, biasanya kita terikat kontrak selama 12 bulan dengan paket yang sudah kita pilih dan tiap bulan akan bayar biaya yang sudah disepakati di kontrak. Sekali lagi, ini tergantung kebutuhanmu seperti apa, kadang PAYG bisa jatuhnya lebih murah, disisi lain kontrak biasanya memberi tawaran menguntungkan di paket yang sudah kita pilih.

Untuk berkabar dan melepas rindu dengan orang-orang terdekat di Indonesia, selain tentu bisa menggunakan aplikasi voice call over the network seperti Skype, Line, atau Viber, kalau ingin menggunakan cara yang lebih konvensional bisa menggunakan operator yang memang berfokus untuk telepon murah ke luar negeri seperti Lebara. Atau beli Skype Credit dan telepon nomor telepon rumah.

*PPI Bristol Pro Tip: Tidak puas dengan performa operatormu? Ganti operator bisa tanpa ganti nomor. Caranya? Ada di web operator selular.

  • Transportasi, kalau tinggal dekat dengan kampus, mungkin kita akan setiap hari jalan kaki ke kampus. Tapi disini kita juga akan sangat butuh dengan yang namanya public transport, utamanya Bus. Nah, jika sering menggunakan bus, misal karena tinggal jauh dari kampus, beli kartu langganan bus, bisa tahunan, bisa bulanan, atau mingguan. Di Bristol ada dua operator bus, yaitu First (banyak bus-nya, networknya luas) dan Wessex (tidak sebesar First, tapi lebih murah dan fokus ke transportasi mahasiswa, karena jalur utamanya ke dua kampus: UoB dan UWE). Pelajari rute bus-nya juga.

Kalau suka bersepeda dan ingin membeli sepeda, mumpung Bristol ini kota yang sangat bersahabat dengan pesepeda, bisa mencari sepeda bekas yang masih layak beli, beberapa sepeda masih cukup mahal harganya, tapi kamu bisa mulai mencari sepeda bekas murah di gumtree.com. Sedikit catatan, terrain di Bristol ini banyak tanjakan dan turunan, dan jangan lupa beli pengaman sepeda. Seaman apapun kota ini, pencurian sepeda bisa saja terjadi.

  • Peralatan Masak dan Keperluan Makanan. Orang Indonesia memang agak sedikit repot kalau masalah perut, tapi jangan khawatir, disini banyak toko yang menjual beras, indomie, bumbu-bumbu asia, serta perkakas dapur seperti rice cooker. Cari tahu lokasi toko asia terdekat, sebagai referensi, salah satu toko Asia lengkap ada di Wai Yee Hong (BS5 6XX), di pusat kota (City Centre) ada toko Asia di Denmark Street bernama Wan Yan Hong. Selain dua toko ini, cukup banyak toko-toko yang menjual keperluan pemenuhan lidah dan perut khas Asia dan Indonesia. Jangan bingung, kalau mencari alat dan bahan untuk di dapur, pergi ke toko Asia atau ke section international food di supermarket besar.

Belajar memasak dan mencari resep masakan di internet akan banyak membantumu menghemat dan bisa lebih sering jalan-jalan menabung. Belum bisa memasak? Jangan khawatir, dalam tempo singkat kamu bakal jadi jago masak.

*PPI Bristol Pro Tip: memasak menghabiskan banyak waktu. Beli lunchbox dan food container. Masak sekali dalam jumlah agak banyak, simpan di food container di kulkas, manfaatkan microwave untuk memanaskan makanan, simpan 2-3 hari atau sesuai daya tahan masakanmu. Bawa bekal di lunchbox ke kampus.

*PPI Bristol Pro Tip: hobi minum kopi? atau Teh? Daripada sering beli kopi, lebih baik beli flask atau small thermos, beli kopi instan dan bisa dibawa setiap hari.

*PPI Bristol Pro Tip: Hampir semua air keran (Tapwater) bisa diminum. Kurangi jajan air minum dalam kemasan.

Mencari bahan makanan Halal? Bagi kalian yang memiliki keperluan khusus berupa bahan makanan halal utamanya daging halal, cukup mudah mencari daging halal di Inggris atau khususnya di Bristol, salah satu area paling banyak menjual daging halal adalah di daerah Easton.

  • Datang ke acara international welcoming day atau semacamnya di kampus, join acara-acara yang biasanya sudah diorganisir oleh Student Union kampus untuk menyambut mahasiswa baru internasional. Tujuan utama kita disini memang belajar, tapi jangan lupa untuk bersosialisasi dan mencari gebetan dan pacar teman baru. 🙂
  • Hal lain-lain. Bakal sering jalan-jalan? Naik kereta ke berbagai kota di UK? Kita sarankan untuk membuat railcard for 16-25. Railcard ini untuk mereka yang berusia dibawah 25 tahun atau statusnya sebagai student. Untuk £30 setahun, kita bisa mendapatkan diskon 30% setiap beli tiket kereta. Selain railcard yang untuk naik kereta, kamu mungkin bisa juga untuk membuat coachcard kalau sering bepergian menggunakan bus.

*PPI Bristol Pro Tip: Railcard hanya bisa digunakan orang bersangkutan karena ada foto dan nama, kalau coach card, psst, bisa kok bisa pinjam teman. Selain itu juga ada juga NUS Extra, fungsinya sama, untuk mendapatkan diskon harga di berbagai tempat.

  • Get in touch dengan teman-teman PPI Bristol dan masyarakat Indonesia yang berada di Bristol. Kami akan senang hati membantu proses adaptasi dan berbagi tips-tips lain dan pengetahuan kami. Hubungi kita di contact.ppibristol@gmail.com, dan isi form data diri ya!

Jika kalian sudah diterima di UoB atau UWE, silakan gabung di Facebook group PPI Bristol. Tinggal search aja di Facebook “PPI Bristol”. Kalau sudah diterima/masuk, silakan perkenalkan diri kalian supaya bisa dikontak lebih lanjut oleh perwakilan dari PPI Bristol.

Semoga tips dan tulisan ini berguna untuk membantu kamu beradaptasi di Bristol. Semoga studi kita semua lancar dan sukses!

Advertisements