Bingung apa saja yang harus dibawa ke Bristol? Jangan khawatir! tips-tips berikut ini akan memudahkan persiapan kamu sebelum berangkat menuju Bristol. So let’s start!

– Paspor, memang terdengar sepele namun hal ini bisa terlupakan pada saat menuju hari keberangkatan kamu ke UK apalagi disaat kamu dilanda kepanikan akan hal lain yang jelas membuat fokus kamu beralih. Selalu pastikan paspor tersimpan didalam tas yang akan dibawa menuju ke UK dan disimpan ditempat yang mudah diingat dan mudah dijangkau.

– Atur secara rapi dokumen-dokumen penting seperti CAS (Confirmation of Acceptance of Studies), surat dari tempat akomodasi, bank statement dan lainnya. Ini akan sangat membantu kamu karena dokumen-dokumen ini akan dipertanyakan saat kamu memasuki imigrasi UK nanti dan akan lebih mudah bagi kamu memperlihatkan dokumen-dokumen ini kepada mereka.

–  Ketika kamu datang di bulan September usahakan kamu membawa baju tebal hangat dan jaket secukupnya, tidak usah terlalu banyak tapi secukupnya saja. Kenapa tidak usah terlalu banyak? Karena terlalu banyak jaket atau baju hangat hanya akan memenuhi koper saja yang akan dibawa ke UK. Lebih baik bawa cukup untuk beberapa hari pertama dan selebihnya kamu bisa berbelanja disini dengan harga yang jauh lebih murah daripada di Indonesia. Usahakan juga pilihan jaket/coat atau baju hangat kamu tidak terlalu rumit dan tidak akan menghambat kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

– Membawa bekal makanan-makanan kering dari Indonesia sangatlah dianjurkan. Makanan kering seperti abon, udang kering atau ikan asin mempunyai waktu kadaluarsa yang cukup lama dan akan memudahkan kamu bila sedang ditengah jadwal kuliah yang sibuk dan tidak mempunyai waktu banyak untuk memasak.

– Takut akan kangen indomie sehingga kamu memenuhi koper dengan indomie? Lagi-lagi jangan khawatir, indomie bisa didapat di hampir seluruh kota di UK dan untuk di Bristol sendiri banyak sekali toko-toko asia yang menjual indomie dan beberapa produk familiar lainnya, bahkan sampai tahu dan tempe pun dijual.

– Bekal minuman hangat seperti kopi, teh, bandrek, bajigur, sekoteng dan lain-lain. Selain memang hangat, tidak ada salahnya kita mempunyai variasi minuman hangat yang berbeda rasa yang akan selalu setia menemani kita di saat winter dan mengerjakan tugas di malam hari.

– Bawa sesuatu yang bisa mengingatkan kamu dengan rumah. Benda sekecil apapun itu akan selalu menjadi pengingat kamu bahwa kamu merantau jauh untuk sukses, bukan untuk main-main dan bukan untuk mengecewakan orang-orang yang kamu cintai nan jauh disana. Ini juga akan menjadi pemicu semangat kamu untuk menghadapai hari-hari kedepannya.

-Mayoritas metode/sistem pembayaran di UK adalah dengan menggunakan kartu kredit/debit, baik pembayaran di kasir ataupun online. Jadi, sangat dianjurkan sebelum ke Bristol untuk membuat kartu kredit (Visa or MasterCard only) di Indonesia dengan minimum limit Rp 15-20jt. Sebagai contoh, untuk pembayaran booking akomodasi harus menggunakan kartu kredit.

Semoga tips-tips ini akan berguna dan bermanfaat. Sampai bertemu di Bristol kawan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s